Monday, August 11, 2025

UML dan USECASE DIAGRAM

Apa itu UML (Unified Modeling Language)?

UML adalah singkatan dari Unified Modeling Language, yaitu bahasa standar yang digunakan untuk memodelkan sistem perangkat lunak secara visual. UML membantu dalam:

  • Mendeskripsikan struktur dan perilaku sistem

  • Berkomunikasi antar anggota tim pengembang

  • Mendokumentasikan desain sistem

  • Menganalisis dan merancang sistem sebelum implementasi

UML menyediakan berbagai jenis diagram untuk menggambarkan berbagai aspek sistem, seperti:

  • Use Case Diagram

  • Class Diagram

  • Sequence Diagram

  • Activity Diagram

  • dan lainnya.


Apa itu Use Case Diagram?

Use Case Diagram adalah salah satu jenis diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara aktor (pengguna atau sistem lain) dengan fungsi-fungsi utama sistem yang disebut use case.

Tujuan Use Case Diagram:

  • Menunjukkan apa yang dilakukan sistem, bukan bagaimana sistem bekerja

  • Mengidentifikasi aktor yang berinteraksi dengan sistem

  • Mendefinisikan fitur atau layanan utama yang ditawarkan sistem


Komponen Utama Use Case Diagram:

  1. Aktor (Actor):

    • Pihak yang berinteraksi dengan sistem (misalnya: pengguna, admin, sistem lain)

    • Digambarkan dengan simbol orang stickman

  2. Use Case:

    • Fitur atau layanan yang disediakan oleh sistem

    • Digambarkan dengan elips/oval

  3. Sistem (System Boundary):

    • Menandai batas sistem

    • Digambarkan dengan kotak besar yang berisi use case

  4. Relasi (Asosiasi/Hubungan):

    • Menunjukkan koneksi antara aktor dan use case

    • Termasuk: include, extend, dan generalization


Contoh Sederhana Use Case Diagram:

Misalnya sistem Perpustakaan Digital:

Aktor:

  • Mahasiswa

  • Admin

Use Case:

  • Login

  • Cari Buku

  • Pinjam Buku

  • Kembalikan Buku

  • Tambah Buku (oleh Admin)

Use case diagram-nya akan menunjukkan aktor terhubung ke fungsi-fungsi tersebut.



Monday, July 28, 2025

pengantar pemodelan perangkat lunak

                                          PENGANTAR PEMODELAN PERANGKAT LUNAK


     Pemodelan perangkat lunak adalah proses membuat representasi abstrak dari sistem perangkat lunak yang akan dibangun. Representasi ini biasanya dalam bentuk diagram atau model yang menggambarkan struktur, perilaku, dan interaksi dari komponen-komponen sistem tersebut.

Tujuan Pemodelan Perangkat Lunak:

  1. Memahami sistem: Membantu pengembang, analis, dan pemangku kepentingan memahami kebutuhan dan desain sistem.

  2. Komunikasi: Menjadi alat komunikasi antara tim pengembang, klien, dan pemangku kepentingan lainnya.

  3. Dokumentasi: Menyediakan dokumentasi yang jelas untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem di masa depan.

  4. Dasar implementasi: Menjadi pedoman atau cetak biru dalam proses implementasi kode program.

Jenis-Jenis Pemodelan:

  1. Model Fungsional: Menjelaskan apa yang dilakukan sistem. Contoh: Use Case Diagram.

  2. Model Struktural: Menjelaskan bagaimana struktur sistem. Contoh: Class Diagram, Component Diagram.

  3. Model Perilaku: Menjelaskan bagaimana sistem berperilaku terhadap input dan interaksi. Contoh: State Machine Diagram, Sequence Diagram.

Alat Bantu yang Umum Digunakan:

  • UML (Unified Modeling Language): Bahasa pemodelan standar yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak.

  • Tools pemodelan seperti:

    • Lucidchart

    • Visual Paradigm

    • StarUML

    • Enterprise Architect


SDLC (Software Development Life Cycle) atau Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara perangkat lunak secara sistematis dan terstruktur.

SDLC membantu tim pengembang memastikan bahwa perangkat lunak yang dibangun berkualitas tinggi, memenuhi kebutuhan pengguna, selesai tepat waktu, dan sesuai anggaran.

Model SDLC yang Populer:

  • Waterfall: Tahapan dilakukan secara berurutan.

  • Agile: Iteratif dan fleksibel, fokus pada kolaborasi dan perubahan cepat.

  • Spiral: Fokus pada manajemen risiko dan pengembangan bertahap.

  • V-Model: Setiap tahap pengembangan memiliki tahap pengujian yang terhubung.

  • DevOps: Menggabungkan pengembangan (Dev) dan operasional (Ops) untuk otomatisasi dan integrasi berkelanjutan.

apa yang Dimaksud dengan Implementasi PPL dalam SDLC?

PPL (Pengantar Pemrograman Lanjut) dalam konteks SDLC (Software Development Life Cycle) biasanya merujuk pada penerapan keterampilan teknis pemrograman tingkat lanjut ke dalam salah satu tahapan penting SDLC, yaitu tahap implementasi (coding).

 Penjelasan:

  • Dalam SDLC, tahap implementasi (coding) adalah saat desain sistem yang telah dirancang sebelumnya diubah menjadi kode program nyata.

  • Di sinilah kemampuan yang dipelajari dalam PPL digunakan secara langsung.

Inti dari PPL dan SDLC adalah 

Materi-materi PPL seperti OOP, struktur data, algoritma, rekursi, exception handling, dan manipulasi file adalah fundamental dalam proses pengembangan perangkat lunak (SDLC), khususnya di tahap implementasi. Pemahaman ini membantu kamu membangun program yang efisien, modular, mudah dipelihara, dan andal.

pengertian tentang basis data

Pengertian Basis Data

Basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat diakses dan dikelola menggunakan perangkat lunak (software) sistem manajemen basis data (DBMS - Database Management System).

Data dalam basis data disusun sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dicari, dimodifikasi, dan dikelola secara efisien dan konsisten.


Fungsi Basis Data

  1. Penyimpanan Data Terpusat
    Menyimpan data dalam satu tempat agar mudah diakses oleh berbagai aplikasi atau pengguna.

  2. Pengelolaan Data yang Efisien
    Memungkinkan pengelolaan data yang besar secara sistematis dan rapi.

  3. Menghindari Redundansi (penggandaan) Data
    Mengurangi duplikasi data yang tidak perlu.

  4. Keamanan Data
    Mengatur hak akses sehingga hanya pihak tertentu yang bisa melihat atau mengubah data.

  5. Kemudahan Akses dan Pembaruan Data
    Mempermudah pencarian, pembaruan, dan penghapusan data.

  6. Konsistensi dan Integritas Data
    Menjaga agar data yang disimpan tetap akurat dan valid.


Kelebihan Basis Data

Akses Cepat dan Mudah
Data bisa dicari dan digunakan dengan cepat melalui query.

Efisiensi Penyimpanan
Menghindari penggandaan data dan menghemat ruang penyimpanan.

Keamanan Lebih Baik
Pengguna dapat diatur hak aksesnya (misalnya: baca saja, edit, atau administrator).

Multiuser
Beberapa pengguna bisa mengakses dan mengelola data secara bersamaan.

Backup dan Pemulihan Data
Bisa melakukan cadangan data secara otomatis dan pemulihan jika terjadi kegagalan.


Kekurangan Basis Data

Biaya Awal yang Tinggi
Membangun sistem basis data (hardware, software, dan pelatihan) memerlukan investasi awal yang besar.

Kompleksitas Pengelolaan
Pengelolaan basis data, terutama dalam skala besar, membutuhkan tenaga ahli dan sistem yang kompleks.

Ketergantungan pada Sistem
Jika sistem basis data rusak, maka seluruh data dan operasional bisa terganggu.

Risiko Keamanan
Jika tidak dikonfigurasi dengan benar, data dapat dicuri atau diakses tanpa izin.


Contoh Sistem Manajemen Basis Data (DBMS)

  • MySQL

  • PostgreSQL

  • Oracle Database

  • Microsoft SQL Server

  • MongoDB (untuk basis data NoSQL)

 

Wednesday, February 5, 2025

loop while



pengertian while:

1.perulangan while mengulang eksekusi blok kode hingga kondisi benar.

2.while digunakan untuk program yang lebih terstruktur,namun jumlah perulangannya belum diketahui

3.while mengecek kondisi statement di awal sebelum melakukan perulangan

 





                                                  dalam bentuk flowchart






Wednesday, January 22, 2025

awalan,akhiran,kelipatan

 


                                                        contoh awalan,akhiran,kelipatan

pengertian:

perulangan adalah sebuah logika pemrograman berupa fungsi yang dapa memerintah program mengerjakan pekerjaan yang sama berulang ulang kali sesuai dengan batas yang telah di tentukan 

parameter 3


parameter 1 dan 2


Wednesday, September 4, 2024

soal latihan

 soal:

1.cara buat input

2.cara mengetahui tipe data pada google colab

3.buat

caca="senin"

dono=1

akmal=30,8

4.buat inputan dengan perintah no 1 lalu tampilkan inputan tersebut










Akun guardian tales

UML dan USECASE DIAGRAM

Apa itu UML (Unified Modeling Language)? UML adalah singkatan dari Unified Modeling Language , yaitu bahasa standar yang digunakan untuk ...